My Blog

Assalamualaikum..

Selamat datang di my blog
Smoga dapat bermanfaat buat semua yaa..
Mohon maaf apabila artikel-artikelnya kurang memuaskan..
"tidak ada yg sempurna di dunia ini,, mari kita saling melengkapi saja"

wassalam

Minggu, 17 Januari 2010

Manajemen dan Administrasi Pendidikan Sekolah Dasar Menurut bebrapa ahli

Kelompok 1
• Manajemen pendidikan
 Engkoswara
Masalah yang sangat berperan dalam proses penyelenggaraan pendidikan baik sebagai sarana maupun alat penataan bagi komponen pendidikan lainnya.
• Administrasi pendidikan
 Mulyadi
Suatu rangkaian proses pada sekelompok orang yang bekerjasama untuk mendayagunakan sumber daya,fasilitas,ide-ide,orang yang bergabung dalam 1 unitr kerja (Organisasi) pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetepkan sebelumnya secara efektif dan efisien.

Kelompok 2
• Manajemen pendidikan
 Biro perencanaan Depdikbud (1993:4)
Proses perencanaan,pengorganisasian,memimpin,mengendalikan tenaga pendidikan,sumber daya pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan,mencerdaskan kehidupan bangsa,mengembangkan manusia seutuhnya yaitu manusia yang beriman,bertakwa kepada Tuhan YME,berbudi pekerti luhur,memiliki pengetahuan,keterampilan,kesehatan jasmani dan rohan,kepribadian yang mantap,mandiri serta bertanggungjawab kemasyarakatan dan berbangsa.
• Administrasi pendidikan
 Drs.H Daryanti
Ilmu yang mempelajari sumber daya yaitu manusia,kurikulum adalah sumber belajar dan fasilitas untuk mencapai tujuan pendidikan secara optimal dan pencapaian secara produktif yaitu efektif dan efisien.

Kelompok 3
• Manajemen pendidikan
 Soebagyo Atmodiwirio (2000:23)
Proses perencanaan,pengorganisasian,memimpin,mengendalikan tenaga pendididkan,sumber daya pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan
• Administrasi pendidikan
 Hadari Nawawi
Keseluruhan proses pengendalian usaha kerjasama sejumlah orang untuk mencapai tujuan pendidikan sesuai dengan rencana yang telah dirancang,yang diselenggarakan dengan cara sistematis,rasional,efisien,dan efektif di suatu lembaga pendidikan baik yang formal mauopun yang non formal.
Kelompok 4
• Manajemen pendidikan
 Terry
Suatu proses khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan,pengorganisasian,penggerakan,pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.
• Administrasi pendidikan
 Wilian H Newman (1951)
Administrasi dapat dipahami sebagai pembimbingan,kepemimpinan dan pengawasan usaha-usaha suatu kelompok orang-orang kearah pencapaian tujuan bersama.

• Perbedaan
Fungsi administrasi pendidikan ialah alat untuk menginteraksikan peranan seluruh sumber daya guna tercapainya tujuan pendidikan dalam suatu konteks sosial tertentu artinya bidang-bidang yang dikelola mempunyai kekhusuan yang berbeda dari manajemen dalam bidang lain.
• Persamaan
Administrasi pendidikan dan manajemen pendidikan mempunyai prinsip darar yang sama yaitu merupakan suatu penerapan administrasi dan manajemen dalam mengelola,mengatur,dan mengalokasikan sumber daya yang terdapat dalam dunia pendidikan.
• Kesimpulan
Dengan memperhatikan pengertian yang diambil dari masing-masing kelompok dengan pengertian dari beberapa ahli nampak bahwa manajemen/administrasi pendidikan pada prinsipnya merupakan suatu bentuk peranan manajeman/administrasi dalam mengelola,mengatur dan mengalokasikan sumber daya yang terdapat dalam dunia pendidikan,fungsi administrasi pendidikan merupakan alat untuk menginteraksikan peranan seluruh sumber daya guna tercapainya tujuan pendidikan dalam suatu konteks sosial tertentu.Artinya bidang-bidang yang dikelola mempunyai kekhususan yang berbeda dari manajemen dalam bidang lain.atau dengan kata lain administrasi pendidikan berbicara tentang sinegrites personal lembaga pendidikan dalam kaitanya dengan tugas dan fungsinya masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar